Ballistics Forensic

Share it Please
Ilmu forensik memiliki cakupan yang cukup luas dan memiliki cabang-cabang ilmu sendiri. Kali ini penulis akan membahas sedikit mengenai forensik ballistik. Di dunia detective, tentunya istilah ballistik ini sudah tidak asing lagi dan telah menjadi hal penting dalam penyelidikan suatu kasus. Di film serial detective seperti CSI, NCIS, Sherlock BBC, kita dapat melihat bagaimana laporan ballistik sangat berperan untuk memecahkan suatu kasus tertentu. Ballistics Forensic adalah suatu studi forensik yang menangani senjata api dan bahan peledak lainnya meliputi jenis senjata, kemampuan senjata, cara menggunakannya, serta mekanisme dan detail lainnya untuk mengungkap suatu kasus atau penyelidikan lainnya. 



Dalam ilmu ballistik ini, kita dapat mengetahui jenis senjata yang digunakan dari suatu kejadian. Jenis senjata biasanya dapat dilihat dari jenis peluru (dan kaliber) yang digunakan, luka yang ditinggalkan korban, serbuk mesiu yang tertinggal dan barang bukti lainnya. Setiap senjata api umumnya memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Senjata api biasanya meninggalkan bekas yang khas pada pelurunya, seperti sidik jari, bekas yang tertinggal pada peluru takkan sama jika dihasilkan oleh senjata lain. Jika jenis senjata apinya sudah diketahui, maka penyelidikan akan lebih mudah.

Ballistics forensic juga dapat mengungkap jarak dan sudut penembakan. Serbuk misiu yang tertinggal dapat membantu identifikasi jarak penembakan, jika terdapat serbuk misiu pada tubuh /pakaian korban, bisa disimpulkan bahwa penembakan dilakukan dari jarak dekat. Dari jenis peluru juga bisa kelihatan apakah senjata yang digunakan tipe jarak dekat-sedang atau jauh. Sudut pada luka korban dapat menunjukkan tinggi dan keadaan lainnya saat penembakan.

Ballistics forensic kini sudah berkembang dengan pesat dan juga mencakup ilmu fisika, kimia dan ilmu sains lainnya dalam mengembangkan ilmunya. Semoga dengan perkembangan ilmu ballistik ini juga sejalan dengan jumlah kasus-kasus yang dapat dipecahkan.

Coba juga lihat video berikut untuk mempelajari sekilas mengenai ballistic !
(Video berbahasa inggris) 


Jenis senjata dan peluru untuk sementara dapat dilihat pada link-link berikut.

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_firearms
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_handgun_cartridges
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_rifle_cartridges
https://en.wikipedia.org/wiki/Category:Shotgun_shells

Sekian,
Thanks for the attention.

No comments:

Post a Comment