Dual Tone Multi-Frequency (DTMF) - Code

Share it Please
Dual Tone Multi-Frequency (DTMF) adalah suatu standar frekuensi yang menghasilkan nada sebagai perwakilan dari setiap tombol digit pada telepon. Setiap nada yang tercipta dari menekan tombol telepon merupakan kombinasi dari 2 frekuensi yang akan menghasilkan nada khas dari setiap nomornya. Tentunya kita pernah menggunakan telepon rumah atau ponsel dan mendengar nada yang berbeda dari setiap tombolnya. Nada-nada itulah yang disebut dengan Dual Tone Multi-Frequency (DTMF).



Dengan menggunakan DTMF inilah sistem telepon (Telepon rumah) dapat menghubungi tujuan kita sesuai dengan nomor yang kita tekan. Sistem telepon mengenali nomor yang kita tekan melalui standar frekuensinya. DTMF ini sudah tidak banyak dipakai lagi karena perkembangan teknologi. Ponsel sekarang lebih menggunakan sinyal digital, walaupun tetap menggunakan standar nada yang digunakan DTMF.

Jika anda penggemar manga Detective Conan, maka anda pasti pernah membaca chapter dimana Conan pernah mengancam Vermouth untuk menghubungi Boss dari Black Organization. Conan mendengar nada DTMF nomor telepon yang di ketik oleh Vermouth saat menghubungi Boss dari BO. Dengan metode tertentu, Conan bisa langsung menghubungi nomor Bos BO tersebut maupun dapat men-decode suara tersebut untuk mendapatkan nomornya.

Berikut adalah tabel frekuensi dari DTMF.



1209 Hz
1336 Hz
1477 Hz
1633 Hz
697 Hz
1
2
3
A
770 Hz
4
5
6
B
852 Hz
7
8
9
C
941 Hz
*
0
#
D


Dilihat dari tabel diatas, nada angka 1 dari DTMF itu dihasilkan dari pertemuan antara frekuensi 1209 Hz dengan 697 Hz, dst.

Kode telepon biasanya hanya menggunakan angka dan simbol saja, hanya kebutuhan khusus yang menggunakan huruf.

Contoh DTMF via suara/nada dapat di dengar dibawah ini.




Tabel DTMF diatas dapat juga diterapkan menjadi kode atau cipher untuk enkripsi angka-angka atau huruf (A-D) tertentu.

Misalnya kita ingin mengenkripsikan 221B

Maka 221B dengan DTMF Code menjadi menjadi

1336-697  1336-697  1209-697  1633-770


Sekian,
Thanks for the attention.


Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Dual-tone_multi-frequency_signaling
http://www.phonescoop.com/glossary/term.php?gid=206
http://www.dcode.fr/dtmf-code#0


No comments:

Post a Comment