Bahasa tubuh (Body Language) Part 2 : Foot

Share it Please
Kali ini penulis akan melanjutkan pembahasan mengenai cara membaca bahasa tubuh orang lain dari post sebelumnya. Topik selanjutnya dari membaca bahasa tubuh manusia berdasarkan buku dari Joe Navarro ini yaitu membaca bahasa tubuh bagian kaki. Menurutnya kaki adalah merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling jujur.



Berikut adalah Jenis-jenis perilaku non-verbal yang menggunakan kaki :

1. Kaki yang senang
Kaki ini menunjukkan bahwa seseorang dalam keadaan yang senang dan dalam emosi yang positif. Kaki yang senang ini ditunjukkan oleh kaki yang terlihat menari, melompat, sering bergerak tanpa beban. 
Contoh : seseorang yang memenangkan sesuatu sering melompat karena kegirangan.

2. Kaki yang berubah arah
Arah kaki ternyata dapat menunjukkan pikiran seseorang. Arah tubuh kita cenderung mengarah pada hal yang kita sukai atau kita butuhkan, begitu juga dengan kaki dan juga sebaliknya jika menjauh menunjukkan ketidakkesukaan atau ketidaksesuaian. Dengan informasi tersebut kita dapat melihat pemikiran orang lain.

Contoh :

Jika pada saat berbincang dalam keadaan berdiri, salah satu kaki dari lawan bicara anda tidak menunjuk kearah anda melainkan kearah luar atau arah lain maka menunjukkan bahwa ia harus segera pergi dan pikirannya sedang tidak disana. Jika anda melihat perilaku ini sebaiknya anda segera mengakhiri percakapan agar ia senang. Dalam keadaan duduk pun kita dapat memperhatikan arah kaki ini, misalnya anda dalam suatu kelompok, perhatikan saja arah kaki si pembicara. Anda dapat menganalisis siapa orang yang ia senangi, dll.

3. Berpegangan pada dengkul 
Perilaku memegang 2 dengkul pada saat duduk menunjukkan orang tersebut ingin berdiri atau segera meninggalkan tempatnya.

Contoh : Jika teman bicara anda terus memegangi dengkulnya, berarti ia segera ingin meninggalkan tempat itu dan menunggu anda untuk selesai dengan pembicaaraan tersebut.

4. Kaki yang melawan gravitasi
Mirip dengan kaki-kaki senang, jika anda melihat perilaku kaki yang cenderung melawan gravitasi seperti melompat, tungkai kaki mengarah keatas berarti subjek tersebut dalam keadaan yang senang atau keadaan positif.

5. Kaki yang membuka lebar
Kaki ini menunjukkan seseorang ingin menunjukkan kekuasaan, kekuatannya dengan memperlebar wilayah kekuasaannya dengan kaki. Mereka secara tidak sadar akan melebarkan kakinya jika dalam keadaan tidak senang, terancam dan keadaan negatif lainnya.

Contoh : 
Jika anda sedang diskusi kelompok atau debat dengan seseorang, tiba-tiba kakinya melebar dalam keadaan duduk atau pun berdiri karena pembicaraan tertentu berarti ia dalam keadaan yang tidak senang dan secara tidak sadar membuka kakinya sedikit lebih lebar untuk memperlebar wilayah kekuasaannya.

6. Kaki yang nyaman
Kaki yang nyaman menunjukkan keadaan yang nyaman, contohnya menyilangkan kaki.

7. Kaki yang membeku
Kaki yang tiba-tiba menjadi pasif maka menunjukkan ketidaksukaan, dalam keadaan terancam atau ada yang disembunyikan.. 

Contoh : jika dalam diskusi seseorang yang kakinya bergerak-gerak tiba-tiba menjadi membeku atas suatu pembicaraan tertentu berarti ia tidak suka dengan pembicaraan tersebut atau ada yang disembunyikan mengenai topik tersebut.

Itulah sebagian besar bahasa tubuh dari kaki manusia.

Sekian, 
Thanks for the attention.

Referensi :
Buku - What Every Body Is Saying by Joe Navarro.

2 comments: