Sianida

Share it Please


















Salah satu jenis alat pembunuhan terpopuler adalah Racun. Menjadi favoritnya racun menjadi alat pembunuhan disebabkan oleh mudah diperolehnya racun tersebut karena diantaranya dijual bebas di pasaran. Oleh karena itu dunia detective memerlukan pengetahuan tentang racun.  Penulis kali ini akan membahas mengenai salah satu racun terkuat didunia yaitu Sianida.

Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C≡N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen. Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair. Beberapa seperti garam, beberapa kovalen. Beberapa molekular, beberapa ionik, dan banyak juga polimerik. Senyawa yang dapat melepas ion sianida CN− sangat beracun.

Racun sianida secara alami terdapat pada buah apel, aprikot, dll. Pada buah apel, racun ini terkandung dalam bijinya. Namun butuh banyak biji apel untuk dosis yang dapat membunuh manusia. Oleh karena itu tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi apel. Racun sianida pada tanaman biasanya lebih kuat dan  sebagai suatu perlindungan diri  dari para herbivora. Sianida juga digunakan untuk bidang pertambangan yaitu dalam mengekstraksi emas dan perak. Tentunya akan mengancam keselamatan para penambang jika ada kebocoran gas. Bayangkan saja kekuatan racun ini yang dapat mengektrasi emas dan perak jika digunakan pada tubuh manusia.

Sianida merupakan salah satu racun yang sangat mematikan, karena zat ini mengacaukan sel dalam menerima oksigen didalam tubuh. Racun sianida ini dapat berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti potasium sianida atau sodium sianida. Dalam novel agatha christie ada juga penjelasan mengenai racun ini.

Secara Ilmiah, racun sianida dapat memasuki tubuh kita melalui sistem pernapasan (terutama paru-paru), Pencernaan sehingga didistribusikan ke seluruh bagian tubuh. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh bisa menghambat kinerja sel dalam tubuh, mengganggu penggunaan oksigen oleh sel dan dapat menyebabkan kematian sel. Pada dosis tertentu, zat ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit saja akibat kekurangan oksigen.

Racun sianida dalam kasus pembunuhan biasanya dioleskan pada pinggir gelas, botol minum atau disuntikkan ke dalam batu es. Sianida hanya bereaksi sebagai hidrogen sianida bebas, oleh karena itu garam-garam yang ditelan harus bertemu dengan air atau asam lambung sebelum membebaskan asam hidro-sianida, proses ini hanya butuh waktu beberapa detik. Penggunaan racun sianida untuk bunuh diri digunakan tokoh kontroversial Nazi, Hitler yang diduga minum kapsul sianida sebelum menembak kepalanya.

Sebagai detective, cara untuk mengenali racun ini dengan menggunakan indera penciuman dimana racun sianida memiliki bau seperti khas almond dan apel.

Sekian,
Thanks for the attention.

Referensi : 
http://en.wikipedia.org/wiki/Cyanide
http://deny9.staff.ipb.ac.id/artikelku/racun

49 comments:

  1. Terima kasih Gan atas sharenya, sangat membantu untuk pembelajaran :D
    Salam kenal y

    ReplyDelete
  2. jadi racun sianida terdapat di apel tapi di bijinya saja kan bukan di buahnya atau disebut dagingnya kan!
    dan contoh tanaman yang terdapat sianida bisa diberi tahu tidak??serta apakah ada hewan yang memiliki racun sianida?kalau ada apa nama hewan tersebut dan kenapa hewan tersebut tidak bereaksi pada racun tersebut?dan kenapa tanaman yang memiliki racun sianida tidak bereaksi pada racun tersebut??

    ReplyDelete
  3. Ya. Racun sianida hanya terdapat di bijinya, tidak terdapat dalam buahnya. Contoh tanamannya yaitu apel, pir, aprikot, cherry, biji almond, singkong, dll. Tapi kadar sianidanya sangat rendah untuk membunuh manusia. Hewan tidak ada yang memiliki sianida, kecuali kita mengkonsumsi daging hewan yang mengkonsumsi atau keracunan sianida. Beberapa jamur dan bakteri ada juga yang bisa menghasilkan sianida. Tanaman yang memiliki racun itu tidak bereaksi karena racun itu merupakan bagian tubuhnya seperti Bisa yang dimiliki oleh kalajenking dan ular.

    Thanks.

    ReplyDelete
  4. kenapa dalam setiap penjelasan anda , anda selalu mengakhirinya dengan kata "Thanks,"??

    ReplyDelete
  5. Cuma sekedar berterima kasih, dan mengapresiasi orang yang menggunakan blog ini.

    ReplyDelete
  6. Idiotic Moron ~the(fake)improbableone~March 14, 2014 at 6:35 PM

    Malam, Mr. Geniones.
    Numpang tanya, bagaimana cara mendapatkan bahan-bahan seperti luminol dan sianida? Apa bisa didapatkan secara bebas atau bagaimana? Apakah ada bahan-bahan tertentu untuk meracik sianida? (tenang, saya hanya penasaran :-D)
    Dan juga, di episode The Reichenbach Fall, salah satu anak yang diculik menggunakan cairan linseed oil untuk meninggalkan petunjuk pada Sherlock. Itu cairan apa ya? Apa bisa didapatkan disini? #justcurious
    Maaf merepotkan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Maaf, bukan "disini". Maksud saya, apakah bisa didapatkan di toko terdekat? :D
    Terima kasih sekali lagi.

    ReplyDelete
  8. Luminol dapat diperoleh di toko kimia terdekat, tapi masih berupa zat aslinya. Buat aja sendiri cairan luminolnya, lihat tutorialnya di google atau di youtube lebih lengkap.

    Kalau sianida hanya ada di toko kimia yg besar dan harus memiliki izin khusus untuk memperolehnya. Dengan kata lain, zat ini tidak legal untuk umum. Biasanta zat ini dibeli oleh pabrik dan pertambangan. Kalau mau buat sendiri ya cari dari bahan alami yg mengandung zat tersebut dengan dosis yg diinginkan (kalau rajin tumbuk ratusan biji apel dan satukan :D).

    Linseed oil itu sebenarnya sejenis minyak yg identik dengan minyak kayu putih, namun banyak digunakan sbg bahan bangunan, peralatan rumah tangga terutama cat. Tentu saja digunakan sbg petunjuk sherlock karena minyak ini lebih tahan lama. Kalau linseed oil banyak tersedia di toko bangunan dan toko lainnya.

    Thanks

    ReplyDelete
  9. Terima kasih. Apa linseed oil punya nama dalam bahasa Indonesia?

    ReplyDelete
  10. Mungkin belum punya nama indonesia.
    Linseed oil merupakan pengembangan dari Flaxseed oil (minyak biji rami)

    ReplyDelete
  11. salam kenal mr. Geniones

    Berapa jumlah biji apel untuk menghasilkan sianida yang dapat membahayakan manusia?

    ReplyDelete
  12. Salam kenal bughis.
    Sorry, kurang tahu mengenai itu.
    Sianida tetap berbahaya walaupun dalam dosis ringan.

    ReplyDelete
  13. Makasih bgt. Saya sdg bkin drama detektif pembunuhan. Inspirasi sekali. :D lindseed oil itu racun?

    ReplyDelete
  14. Cara kerja sianida dalam proses melumpuhkan tubuh manusia kan salah satunya menghentikan jantung, kalau senyawa ini terdapat dalam buah apel dan pir, tapi bukannya dalam dunia gizi-gizian, buah apel dan pir adalah salah satu buah yang diindikasikan baik buat jantung manusia. nah kalau sudah disinyalir dalam kedua buah tersebut mengandung sianida walaupun hanya dalam takaran ringan dan tidak membahayakan walaupun tidak ada takaran pasti tentang kandungan sianida dalam biji apel, dan seberapa biji yang dibutuhkan untuk mendapat zat sianida yang mampu membunuh manusia. Bukankah sekalipun kandungan racunnya ringan dan tidak membahayakan lalu bagaimana jika di konsumsi dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama, apakah tidak membahayakan?!

    Thanks ^^

    ReplyDelete
  15. Linseed oil bukan racun, sejenis minyak untuk benda furniture atau bangunan gitu.

    ReplyDelete
  16. Kalau dalam dosis ringan yg dikandung dalam biji apel, tentu racunnya mampu di netralisir oleh tubuh kita.

    Kalau konsumsi dalam jumlah banyak dan waktu yg lama sama saja dosisnya dalam tubuh kita akan bertambah. Efek sianida dalam dosis kecil pun bisa menyebabkan kepala pusing.

    Kalau kita makan apelnya ya aman saja. Yang mengandung sianida itu bijinya, kalau biji apelnya dalam jumlah banyak masuk ke tubuh kita akan di proses oleh tubuh kita menjadi hidrogen sianida. Tapi hampir tidak mungkin ada orang yang sering termakan biji apel :D, saya sendiri belum pernah tertelan biji apel sekalipun.

    Thanks.

    ReplyDelete
  17. "Racun sianida ini dapat berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti potasium sianida atau sodium sianida."
    kalo kalium sianida berbentuk apa? :o
    dan selain berbau seperti almond dan apel, cara mengetahui siandia bagaimana lagi?

    #Terima Kasih

    ReplyDelete
  18. Kalium itu bahasa indonesia dari potassium. Jadi ya sama aja dengan potassium sianida yang berbentuk bubuk :D

    Kalau cara mengenali racunnya secara langsung selain dari baunya agak sulit, karena banyak yang identik dengan itu.

    Tapi kalau dari tubuh korban yang diracuni sianida akan memiliki ciri2 kulit agak kemerahan, bibir agak kehitaman dan mata juga akan berwarna kemerahan karena iritasi.

    Sorry, saya bukan ahli kimia. Cuma tahu dasar dan mempelajari beberapa jenis racun saja.

    Thanks.

    ReplyDelete
  19. Apakah potas racun ikan itu potasium sianida juga? biasanya belinya dimana sih?

    ReplyDelete
  20. Saya Laras,

    Saya sedang mencari komunitas suicide dengan menggunakan arsenik atau sianida, untuk saling bertukar informasi dan mungkin nantinya saling membantu dalam proses ini agar tidak sampai gagal dan tidak meninggalkan jejak yang brutal.

    Silakan kontak saya jika berminat bergabung,

    imajinasilaras@yahoo.co.id

    (maaf mas, blognya dibajak sedikit ^_^)

    ReplyDelete
  21. Senyawa apa lagi yang dapat membunuh manusia?

    ReplyDelete
  22. mau nanya nih, apakah Kalium sianida sama dengan potass yang dijual di toko bangunan, yang juga digunakan untuk meracun ikan di sungai ? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Sianida bisa dibeli, asalkan punya alasan kuat..misal anda adalah guru Lab atau bekerja di pabrik sehingga ada surat pernyataan bahwa itu utk keperluan tertentu. Ya pinter2 ajalah kalau mau pakai ini utk bunuh diri, saya lagi usaha dapat Sianida. Ada yg mau nitip?

    ReplyDelete
  24. mbak nia ada kontak yg bisa dihub ? saya tertarik nitip sianidanya

    ReplyDelete
  25. mantap gan info sianidanya . baca juga ya info pertolongan yang keracunan dengan sianida di blog ane

    ReplyDelete
  26. Mantabb... sianidanya... lagi populer. kalo susah cari sianida pakai aja racun tikus. lebih mudah didapat tanpa surat ijin tetek bengek.sama aja khasiatnya. ketemunya di neraka juga...

    ReplyDelete
  27. Terimakasih, blog ini sudah jadi bacaan saya, sehingga saya dapat menulis entri berikut:
    http://ketikajadiblogger.blogspot.co.id/2016/01/baru-tahu-sianida.html

    Mohon kunjungannya, ya? Terimakasih kembali.

    ReplyDelete
  28. Saya tertarik untuk membeli sianida. Dimana ya kira kira bisa saya dapatkan? Bukan untuk membunuh orang kok. Hehe. Terima kasih

    ReplyDelete
  29. Jumlah sianida pada racun tikus masih tergolong rendah. Kecuali dosisnya ditambah beberapa sachet

    ReplyDelete
  30. Kira kira harga racun sianida berapa ya?

    ReplyDelete
  31. Sianida sdh ada kemasan sachet nya loh .. 500 rupiah aja ..

    ReplyDelete
  32. Bantu share jual kursi kuliah,merek chitose baru rekondisi ada 1000unit,
    Posisi di Medan Sumut,terima servis kursi kuliah yang rusak,terima barang
    Bekas eks sekolah,kampus,kantor gudang, pabrik dll 081265907000

    ReplyDelete
  33. Oh sianida tu nama lain dri potassium , biasanya dpke utk meracuni ikan di sungai

    ReplyDelete
  34. Penulis membuat tulisan ini udah lama, 2012. Mendadak rame komen. Tapi lumayan mencerahkan

    Thanks

    ReplyDelete
  35. kasus ini sama seperti kasus di anime detective conan dan anime gosick, apa mungkin jessica bisa mengoleskan sianida itu di bibir gelas saat memindahkan gelasnya ?

    karena gerakan yang dilakukannya hanya memindahkan gelas sebanyak 2x, kalo ada saya mau lihat rekaman cctvnya dimana ya ?

    ReplyDelete
  36. Mau beli racun sianida di mana gan kasih tau donk sorry

    ReplyDelete
  37. Ada yg bisa bantu beli sianida gak...??aq butuh

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. YANG BUTUH SODIUM CYANIDE KEBETULAN SAYA ADA CALL AJA 089601000353 MAKASIH3

    ReplyDelete
  40. Yang butuh KCN(kalium cyanide) bisa saya bantu.
    085 746 074 658
    Atau email: danny.hendra@ymail.com

    ReplyDelete
  41. Permisi mau nanya donk, dalam sianida itu lebih berpengaruh mana, karbon atau nitrogen, trus alasannya apa ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  42. terima kasih untuk infonya, tp sy ingin sedikit bertanya, di daerah saya terdapat produsen tepung tapioka yg mana limbah cairnya masih banyak yg dibuang di kali, bagaimanakah cara memanfaatkan sianida yg terkandung dalam limbah cair ini supaya sekiranya tidak merusak lingkungan sekitar, terima kasih..

    ReplyDelete
  43. Apakah ada zat laen yg mna bila tercampur dgn kopi bsa mjd unsur sianida ??

    ReplyDelete
  44. apakah kesan sianida kepada tumbuhan dan penerangannya

    ReplyDelete